Diponegoro Chemistry Competition

Diponegoro Chemistry Competition (DCC) merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dibentuk oleh Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Kimia Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro. Rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari olimpiade kimia tingkat SMA se-Jawa, workshop kimia, dan LKTI Nasional tingkat SMA.

Diponegoro Chemistry Competition 2016 memiliki tema Evolving Ideas, Increasing Knowledge with Chemistry dimana dengan tema ini, peserta yang terdiri dari siswa dan guru SMA dapat menambah pengetahuan mereka di bidang kimia serta memacu semangat siswa SMA dalam mempelajari ilmu kimia. Kegiatan ini diikuti oleh 102 orang dibidang Olimpiade kimia, 10  tim dibidang LKTI, dan 8 orang dibidang workshop.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 dan 12 November 2016 di Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro. Pada tanggal 5 November diadakan Olimpiade Kimia seleksi tahap 1 dan Workshop Guru SMA sederajat. Seleksi Olimpiade Kimia diadakan di tiga tempat. Untuk regional Semarang diadakan di kampus FSM Undip, regional Jakarta di kampus UNJ dan regional selatan di kampus Unsoed. Secara keseluruhan acara berlangsung lancar.

Pada tanggal 12 November 2016 diadakan seleksi tahap 2 Olimpiade Kimia sekaligus penentuan final Olimpiade serta Final LKTI. Acara ini dilaksanakan di Kampus FSM Undip. Peserta yang lolos ke tahap 2 berjumlah 50 orang sedangkan yang lolos ke final berjumlah 5 orang. Untuk LKTI, yang lolos ke final ada 5 tim.

Pemenang diumumkan diakhir acara. Untuk Olimpiade Kimia, juara 1 diraih oleh M. Ridho Setiyawan dari SMAN 1 Tahunan, untuk LKTI juara 1 diraih oleh tim Alisa Qurrota A’yuna dari SMAN 1 Lamongan.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *