KSPM Valensi

Kelompok Studi dan Penelitian Mahasiswa (KSPM) Valensi adalah salah satu biro dalam organisasi HMK yang bergerak di bidang penelitian dan riset mahasiswa. Biro ini memiliki fokus dalam membentuk jiwa riset bagi mahasiswa kimia. Program kerja dari biro Valensi sendiri lebih banyak mengacu pada penelitian dan peningkatan prestasi di bidang akademik. Kepengurusan biro Valensi tahun 2017 diketuai oleh Galih Aditya Mahendra Putra. Berikut merupakan program kerja dari biro Valensi 2017 :

  1. Pelatihan PKM : merupakan kegiatan pelatihan pembuatan Proposal Kreativitas Mahasiswa (PKM) bagi mahasiswa baru kimia. Kegiatan ini diadakan setiap setahun sekali dan masuk ke dalam rangkaian kegiata kaderisasi mahasiswa baru kimia, yaitu kaderisasi riset.
  2. Valensi Class : merupakan kegiatan study, diskusi, dan sharing mengenai isu – isu terkini tentang dunia riset, khususnya kimia. Biasanya mengundang seorang ahli dalam tema yang dibahas dan masih dalam lingkup departemen kimia, seperti mahasiswa berprestasi, ataupun dosen kimia. Kegiatan ini diadakan sebulan sekali.
  3. Chemistry Goes to Company (CGC) : merupakan kegiatan kunjungan biro Valensi ke pabrik atau industri – industri skala nasional yang berhubungan dengan penerapan ilmu kimia. Kegiatan ini dilakukan setahun sekali.
  4. Makrab Valensi : merupakan kegiatan berkumpul bersama dan pengakraban antar pengurus biro Valensi. Dilakukan setahun sekali di awal kepengurusan dan memiliki sasaran untuk internal biro.
  5. Pembuatan Produk : merupakan kegiatan penelitian dan penerapan ilmu kimia secara langsung ke dalam sebuah produk. Produk yang dihasilkan nantinya akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.
  6. Valensi Mengajar : merupakan kegiatan pengabdian biro Valensi untuk mengenalkan ilmu kimia ke masyarakat dan pelajar tingkat sekolah dasar (SD). kegiatan ini biasanya dilakukan secara rutin selama satu bulan penuh setiap minggunya.

Berikut struktur kepengurusan KSPM valensi tahun 2017 :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *