Pelatihan Komputasi Kimia 2017

Pelatihan Komputasi (PK) adalah salah satu proker besar dari Departemen Pendidikan dan Olahraga (PO) yang merupakan suatu kegiatan pelatihan software-software yang berhubungan dengan kimia, seperti Chemdraw, Matchcad, Gaussian, Gaussian View dan Notepad++. Kegiatan pelatihan komputasi tahun ini agak sedikit berbeda dengan tahun lalu, yaitu kegiatan Pelatihan Komputasi 2017 ini dibuka selain untuk mahasiswa Departemen Kimia UNDIP juga diperuntukkan untuk umum atau mahasiswa kimia dari universitas lain. Kegiatan Pelatihan Komputasi ini juga bergabung dengan kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen Departemen Kimia FSM UNDIP di bidang pendidikan.

Kegiatan Pelatihan Komputasi ini diikuti oleh 135 peserta, dimana 111 peserta dari mahasiswa Departemen Kimia UNDIP dan 24 peserta mahasiswa dari luar UNDIP, yaitu dari UIN Walisongo Semarang dan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Kegiatan ini  dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Sabtu-Minggu tanggal 4-5 Maret 2017 dan 135 peserta dibagi menjadi 4 kloter selama 2 hari pelaksanaannya. Pada hari pertama dilakukan pemberian materi tentang komputasi kepada semua peserta oleh Pak Parsaoran Siahaan, MS. yang berlangsung di ruang A103, sedangkan untuk pelatihannya dilaksanakan di ruang B304 kampus FSM UNDIP, Tembalang. Selama pelaksanaannya, para peserta sudah disediakan laptop dan jaringan internet. Pelatihan komputasi ini dibimbing oleh mahasiswa dari laboratorium kimia fisik, khususnya mahasiswa  angkatan 2013 bimbingan Pak Parsaoran dan mahasiswa angkatan 2014 yang sedang menjalani praktikum kimia terpadu yang mengambil konsentrasi pada penelitian komputasi.

Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses karena terdapat peserta dari luar UNDIP yang mendaftar dan hampir semua mahasiswa angkatan 2015 mengikuti pelatihan ini karena dapat juga digunakan untuk sarana belajar komputasi sebelum melakukan praktikum Kimia Fisik pada semester ini. Namun terdapat juga beberapa kendala selama kegiatan ini berlangsung, yaitu keterlambatan acara dari waktu yang telah ditentukan serta koneksi internet yang kurang lancar. Kegiatan pelatihan komputasi yang sudah berlangsung ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan mengasah softskill mahasiswa kimia mengenai komputasi serta software-software berbasis kimia sehingga dapat mendukung dalam pengembangan aplikasi ilmu kimia. Dan harapannya untuk kegiatan pelatihan komputasi pada tahun selanjutnya dapat berlangsung lebih baik dan lebih sukses dari tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *