[Press Release] Stuban – Medmass HMK 2015

Setelah kurang lebih setahun berlalu, HMK Undip khususnya Departemen Infokom kembali melaksanakan proker terbesarnya, yaitu Studi Banding (Stuban) tahun 2015 yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 5 September. Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Stuban kali ini digabungkan dengan salah satu proker dari Biro Polimer HMK  yaitu kunjungan Media Massa.

Pada Stuban tahun ini, HMK mengadakan kunjungan ke Ikatan Mahasiswa Kimia (Imasika) Institut Pertanian Bogor (IPB) serta kunjungan media massa ke NET TV di Jakarta.  Selain dua tempat tersebut, sebagai agenda tambahan HMK juga mengadakan kunjungan industri ke PT. Multi Nitrotama Kimia (MNK) di Cikampek. Rombongan Stuban – Medmass terdiri dari 50 peserta yang terdiri dari 48 mahasiswa dan 2 orang dosen pendamping, yaitu Ibu Retno Ariadi Lusiana dan Ibu Purbowatiningrum.

Rombongan HMK tiba di PT MNK di Cikampek (4/9) setelah perjalanan selama 8 jam dari Semarang. Acara dimulai pukul 08.30 dengan sambutan dan pemaparan seputar PT MNK oleh staff PT MNK. PT MNK sendiri merupakan industri yang memproduksi amonium nitrat sebagai bahan peledak untuk pertambangan.  Setelah pemaparan dan tanya jawab, rombongan diajak untuk melihat pabrik PT MNK yang memproduksi amonium nitrat. Kunjungan diakhiri dengan pemberian plakat oleh Ibu Retno Ariadi  kepada PT MNK.

       

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Studio NET di daerah Jakarta Selatan. Disana rombongan HMK menyaksikan salah satu acara NET yaitu Ini Talkshow.

Keesokan harinya (5/9) kunjungan dilanjutkan ke Institut Pertanian Bogor untuk melaksanakan studi banding dengan Imasika IPB. Rombongan tiba sekitar pukul 09.00 dengan sambutan hangat dari Imasika IPB. Acara diawali dengan sambutan –  sambutan dari Ibu Purwantiningsih Sugita selaku Ketua Departemen Kimia IPB, Ibu Purbowatiningrum selaku Pembina HMK, Mahwan Pebrian selaku Ketua Imasika IPB, dan terakhir Noor Ichsan Hamidi selaku Ketua HMK Undip.

 

Sambutan Ketua HMK, Noor Ichsan Hamidi
Sambutan Ketua Imasika IPB

Selanjutnya rombongan HMK yang dipandu oleh Imasika IPB melakukan kunjungan ke laboratorium yang ada di Jurusan Kimia IPB, yaitu Lab Kimia Fisik, Lab Kimia Organik, Lab Kimia Anorganik, Lab Kimia Analitik, dan Lab Bersama.

Kunjungan ke Laboratorium Departemen Kimia IPB

Acara kemudian dilanjutkan pukul 13.00 dengan agenda pemaparan organisasi Imasika IPB oleh Ketua Imasika, Mahwan Pebrian serta Ketua Dewan Pengawas Imasika, Bobby Ardiyanto. Dari hasil pemaparan diketahui bahwa Imasika IPB terbagi menjadi enam departemen, yaitu Departemen Kominfo, Departemen Eksternal, Departemen Internal, Departemen Olahraga dan Seni, Departemen Keilmuan, serta terakhir Departemen Keprofesian.

 

Setelah pemaparan organisasi Imasika, selanjutnya giliran HMK yang memaparkan seluk beluk organisasinya. Pemaparan dilakukan  oleh Ketua HMK, Noor Ichsan Hamidi, serta Ketua Dewan Angkatan HMK, Hanif Amirul Hakim.

Untuk pendalaman lebih lanjut tentang organisasi masing – masing, selanjutnya dilakukan sesi sharing yang terbagi menjadi beberapa kelompok.

Acara studi banding kemudian ditutup dengan penyerahan plakat dari dan kepada Imasika IPB.

#ChemSolidarity #TerimaKasihIPB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *