Rihlah Ksikamu

Assalammu’alaikum Wr.Wb

Minggu, 14 Mei 2016 yang lalu, KSIKAMU (Kelompok Studi Islam Kimia Murni) yang merupakan biro kerohanian Islam (Rohis) Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK) melangsungkan kegiatan “Rihlah”. Mungkin, kata Rihlah masih terdengar asing bagi sebagian orang. Rihlah diambil dari bahasa Arab yang berarti perjalanan. Rihlah berarti  perjalanan mentadabburi alam dengan maksud dan tujuan yang baik dan di dasarkan niat kepada Allah SWT. Perjalanan yang dimaksud di sini bukanlah berarti sebagai musafir yang melakukan perjalanan jauh melainkan perjalanan di sini adalah sebuah perjalan yang dianggap sebagai liburan dari kegiatan yang telah berlangsung lama, serta untuk mengagumi ciptaan Allah SWT. Adapun tujuan lain dari Rihlah ini adalah untuk pengakraban antar pengurus Ksikamu serta meningkatkan  ukhuwah sesama muslim khususnya di jurusan Kimia. Rihlah juga merupakan salah satu proker besar dari Ksikamu.

Kegiatan Rihlah tahun ini berlokasi di kawasan wisata Rawa Pening,Ambarawa Kabupaten Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh 47 peserta meliputi pengurus Ksikamu, MS (Majelis Syuro) maupun delegasi dari BP-HMK dan biro lainnya. Adapun Tema dari kegiatan Rihlah ini adalah “Merajut Indahnya Ukhuwah Merapatkan Barisan Dakwah”.

Acara pertama dari Rihlah ini adalah pembukaan dan dilanjutkan penyampaian materi tentang “Ukhuwah” oleh Mas Muhammad Badrul Huda,S.Si yang merupakan salah satu Alumni Kimia Universitas Diponegoro angkatan 2012 dan beliau juga dulunya pernah menjabat sebagai salah satu pengurus Ksikamu. acara dilanjutkan dengan sharing dan tanya jawab. Penyampaian materi berlangsung hingga waktu Dzuhur lalu dilanjutkan dengan Sholat Dzuhur berjamaah dan makan siang bersama. Acara selanjutnya adalah games, games ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian akhwat dan bagian ikhwan yang dilakukan ditempat yang berbeda. Games ini dilakukan perkelompok yang tentunya membutuhkan kerjasama yang tinggi yang dapat mengakrabkan serta meningkatkan kepercayaan satu sama lain. Setelah itu, seluruh peserta diberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam Rawa Pening dengan menaiki perahu selama 30 menit. Berkeliling menggunakan perahu bukanlah penghujung acara, namun dilanjutkan dengan tukar kado lalu penyampaian kesan pesan dan akhirnya acara berakhir dengan doa bersama dan foto bersama.Akhirnya kegiatan ini pun selesai.

Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses karena diikuti oleh pengurus Ksikamu maupun delegasi dan Majelis Syuro serta dilihat dari antusiasme yang tinggi dari peserta. Dengan dilaksanakannya kegiatan Rihlah ini diharapkan para pengurus Ksikamu lebih akrab satu sama lain begitupun mahasiswa/i muslim Kimia lainnya. Serta menjadi pribadi yang selalu rendah hati dan selalu bersyukur kepada Allah SWT. Selain itu, semoga acara Rihlah tahun depan lebih seru dan lebih asik lagi dari tahun ini. Amiinn…

Wassalamualaikum wr.wb

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *