Studi Banding HMK 2017

Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Diponegoro (HMK UNDIP) telah melaksanakan studi banding di tahun 2017 ini. Pada tahun kepengurusan kali ini, HMK UNDIP berkesempatan untuk mengunjungi dua universitas ternama di Jawa Barat yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai tujuan kunjungan studi banding kali ini. Selain mengunjungi beberapa universitas, HMK UNDIP juga melakukan kunjungan industri ke Batan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Bandung, serta melengkapi kunjungan ke tempat wisata yang cukup terkenal di Bandung yaitu Cihampelas Walk (Ciwalk), Wisata Farm House dan Floating Market.

Kegiatan studi banding dengan tema Merajut Persaudaraan di Tanah Pasundan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus hingga 16 Agustus 2017 dan bekerja sama lagi dengan biro pariwisata Oryza Tour. Studi banding ini diikuti oleh 50 orang dengan rincian 48 mahasiswa Kimia UNDIP yang merupakan pengurus HMK UNDIP dan 2 dosen pembimbing yaitu ibu Sriatun dan ibu Sriyanti. Rombongan HMK UNDIP berangkat pada hari Minggu, 13 Agustus 2017 sekitar pukul 19.30 WIB dari Semarang dan tiba di Lembang sekitar pukul 04.00 WIB keesokan harinya.

Tempat transit pertama kali yaitu Rumah Makan Kurnia Jawa Timur di Lembang, dimana kami melaksanakan shalat subuh, sarapan serta bersih-bersih diri. Sekitar pukul 07.00 WIB, kami berangkat menuju kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melaksanakan kunjungan di hari pertama. Kami tiba di kampus Institut Teknologi Bandung tepatnya di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan sekitar pukul 08.00 WIB dan dijemput di gerbang utama ITB lalu mobilisasi ke ruang 2104 dengan hangat dan meriah oleh teman-teman pengurus Himpunan Mahasiswa Kimia ‘AMISCA’ ITB. Acara dimulai dengan sambutan dari masing-masing ketua himpunan dan dosen pembimbing dari HMK UNDIP. Agenda pertama adalah pengenalan masing-masing himpunan mahasiswa dengan dilakukan pemaparan program kerja oleh ketua himpunan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan 3 termin. Termin pertama, khusus membahas tentang OKTAN ITB. Termin kedua tentang kaderisasi di HMK ‘AMISCA’ ITB dan termin ketiga tentang program kerja yang ada di HMK ‘AMISCA’ ITB. Acara diakhiri dengan foto bersama. Sekitar pukul 12.00 WIB kami istirahat untuk sholat dan makan di Masjid Salman ITB dan melanjutkan perjalanan ke Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang letaknya masih satu kompleks dengan kampus ITB.

Kami tiba di sana sekitar pukul 13.00 WIB. Kunjungan industri di BATAN berupa pemaparan tentang sejarah dan profil BATAN Bandung, selain itu kami juga diberi kesempatan untuk melihat tempat pengelolaan limbah dan reaktor nuklir. Sekitar pukul 16.30 WIB kami melanjutkan perjalanan ke pusat perbelanjaan Cihampelas Walk (Ciwalk). Kami menghabiskan waktu di Ciwalk hingga pukul 18.00 WIB, kemudian kami melanjutkan perjalanan ke hotel Serena, di kota Bandung.
Kami tiba di hotel Serena sekitar pukul 19.00 WIB. Setelah pembagian kamar, kami bergegas menuju kamar hotel dan membersihkan diri. Setelah makan malam, beberapa di antara kami memilih untuk melanjutkan kegiatan dengan berjalan-jalan ke alun-alun kota Bandung yang berjarak sekitar 10 menit dari hotel tempat kami menginap.

Keesokan harinya sekitar pukul 07.00 WIB kami check out dari hotel dan menuju ke Universitas Pendidikan Indonesia untuk melaksanakan studi banding di hari kedua. Setibanya di kawasan kampus UPI tepatnya di Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, kami disambut dengan baik oleh teman-teman Himpunan Mahasiswa Kimia UPI. Kegiatan studi banding di UPI dibuka dengan penampilan dari mahasiswa kimia UPI kemudian sambutan dari ketua himpunan dan ketua departemen kimia UPI, serta ketua himpunan dan dosen pembimbing dari HMK Undip. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan programĀ  kerja masing-masing himpunan oleh ketua himpunan dan dilanjutkan sesi forum group discussion (FGD) tiap departemen. Disana kami juga melakukan kunjungan laboratorium yang ada di Jurusan Kimia FPMIPA UPI. Sekitar pukul 12.00 WIB kunjungan studi banding selesai dan kami beristirahat sholat dan makan di masjid Al-Furqon UPI kemudian melanjutkan perjalanan ke Farm House di kawasan Lembang. Setelah puas berjalan-jalan di Farm House, sekitar pukul 15.00 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju ke Floating Market hingga pukul 17.00 WIB. Kemudian kami menuju perjalan pulang tetapi sebelumnya kami mampir untuk sholat magrib dan makan malam di Grafika Cikole, Lembang. Sekitar pukul 19.00 WIB kami menuju perjalanan pulang kembali ke Semarang dan di perjalanan kami mampir di pusat oleh-oleh pukul 20.00 WIB, kami melanjutkan perjalanan untuk pulang ke Semarang. Keesokan harinya sekitar pukul 03.30 WIB, kami tiba di Semarang dengan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *