Study Banding HMK

P_20160815_121650

Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Diponegoro (HMK UNDIP) telah melaksanakan study banding di tahun kepengurusan 2016 ini. Pada kesempatan kali ini, HMK UNDIP memilih universitas ternama di Jawa Timur yaitu Universitas Airlangga (UNAIR) dan Universitas Negeri Malang (UM) sebagai tujuan kunjungan study banding. Selain mengunjungi beberapa universitas, HMK UNDIP juga melakukan kunjungan industri ke PT. Campina Ice Cream Industry, serta melengkapi kunjungan ke tempat wisata yang cukup terkenal di Malang yaitu Wisata Museum Angkut.

Kegiatan study banding dengan tema Chemistry Study Comparative ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus hingga 17 Agustus 2016 dan bekerja sama dengan biro pariwisata Oryza Tour. Study banding ini diikuti oleh 50 mahasiswa Kimia UNDIP yang merupakan pengurus HMK UNDIP dan 2 dosen pembimbing yaitu ibu Retno Ariadi L. dan ibu Yayuk Astuti. Rombongan HMK UNDIP berangkat pada hari Minggu 14 Agustus 2016 sekitar pukul 20.00 WIB dari Semarang dan tiba di Surabaya sekitar pukul 04.00 WIB keesokan harinya.

Tempat transit pertama kali yaitu Masjid Al Akbar Surabaya, di mana kami melaksanakan shalat subuh, sarapan serta bersih-bersih diri. Sekitar pukul 07.00 WIB, kami berangkat menuju kampus Universitas Airlangga untuk melaksanakan kunjungan di hari pertama. Kami tiba di kampus C Universitas Airlangga tepatnya di Fakultas Sains dan Teknologi sekitar pukul 08.00 WIB dan disambut dengan hangat dan meriah oleh teman-teman pengurus Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Airlangga (HIMAKI UNAIR). Agenda pertama adalah pengenalan masing-masing himpunan mahasiswa dengan dilakukan pemaparan program kerja oleh ketua himpunan masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan sesi Focus Group Discussion (FGD) antar departemen di himpunan mahasiswa dengan tujuan untuk saling bertukar informasi dan pengalaman. Sekitar pukul 12.00 WIB kami melanjutkan perjalanan ke PT. Campina Ice Cream Industry. Kami tiba di sana sekitar pukul 14.00 WIB. Kunjungan industri di PT. Campina Ice Cream Industry berupa pengenalan produksi ice cream, di mana kami diberi kesempatan untuk menyaksikan pembuatan ice cream secara langsung. Sekitar pukul 16.00 WIB kami melanjutkan perjalanan ke Masjid Apung di Surabaya untuk melaksanakan sholat. Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke  Batu, Malang untuk beristirahat di sebuah hotel di sana.

Kami tiba di hotel Grand Batu Inn sekitar pukul 20.00 WIB. Setelah pembagian kamar, kami bergegas menuju kamar hotel dan membersihkan diri. Beberapa di antara kami memilih untuk melanjutkan kegiatan dengan berjalan-jalan ke alun-alun kota Batu yang berjarak sekitar 1 km dari hotel tempat kami menginap. Keesokan harinya sekitar pukul 07.00 WIB kami check out dari hotel dan menuju ke Universitas Negeri Malang untuk melaksanakan study banding di hari kedua. Tak perlu waktu yang lama, setibanya di kawasan kampus UM kami disambut dengan baik oleh teman-teman Himpunan Mahasiswa Kimia UM. Kegiatan study banding di UM tak jauh berbeda dengan study banding di UNAIR, yaitu pemaparan program  kerja masing-masing himpunan oleh ketua himpunan masing-masing dan dilanjutkan sesi tanya jawab. Namun, kami juga melakukan kunjungan laboratorium di kampus UM khususnya di jurusan Kimia. Sekitar pukul 12.00 WIB kunjungan study banding selesai dan kami melanjutkan perjalanan ke Museum Angkut di kawasan Batu Malang. Setelah puas berjalan-jalan di museum Angkut, sekitar pukul 17.00 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju tempat perbelanjaan oleh-oleh. Untuk membeli oleh-oleh dan melakukan makan malam. Pukul 20.00 WIB, kami melanjutkan perjalanan untuk pulang ke Semarang. Keesokan harinya sekitar pukul 04.30 WIB, kami tiba di Semarang dengan selamat.

P_20160816_121114

Penyerahan kenang-kenangan di Universitas Negeri Malang

P_20160815_122240

Foto bersama di Universitas Airlangga

P_20160816_151605

Salah satu foto di Museum Angkut

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *