Workshop PKM

Sebagai mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika terutama di Departemen Kimia, program kreativitas mahasiswa (PKM) pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sudah banyak PKM-PKM yang dibuat oleh mahasiwa departemen Kimia yang berhasil lolos pendanaan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Departemen Kimia yang sangat mendukung program kreativitas mahasiswa ini, telah melaksanakan sebuah acara Workshop PKM 2017 dengan judul pelatihan penyusunan proposal penelitian dan karya ilmiah kompetitif mahasiswa departemen Kimia yang sukses diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 29 April 2017 yang lalu bertempat di ruang A103 kampus FSM Undip, Tembalang. Acara ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa dari departemen kimia saja, tetapi ada peserta yang berasal dari departemen lain di FSM maupun luar FSM. Dengan total 85 peserta yang hadir, 65 peserta berasal dari departemen Kimia dan 20 peserta berasal dari luar departemen Kimia.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Bu Dwi Hudiyanti M,Sc. selaku ketua Departemen Kimia. Bu Dwi Hudiyanti sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar setelah acara ini, maka semakin banyak mahasiswa Kimia yang membuat PKM dan bisa lolos pendanaan dikti. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Pak Ngadiwiyana S.Si, M.Si yang dimoderatori oleh Rahma Demy Fitria Irbati dari Kimia 2015. Materi yang disampaikan berupa pelatihan penyusunan proposal penelitian dan karya ilmiah yang baik dan benar serta tips dan trik agar proposal PKM kita dapat lolos pendanaan oleh Dikti. Pak Ngadiwiyana menjelaskan kesalahan-kesalahan umum yang dilakukan oleh mahasiswa dalam penyusunan proposal PKM sehingga gagal lolos pendanaan dikti. Sehingga diharapkan untuk kedepannya, mahasiswa bisa memperbaiki kesalahan tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yang diberikan oleh Nurrizka Kurniawati dan Keti Yuliani dari Kimia 2013 dan dimoderatori oleh Indah Pratiwi dari Kimia 2016. Mereka berdua adalah mahasiswa Kimia yang PKM nya lolos ke PIMNAS tahun lalu. Keti Yuliani sendiri merupakan mahasiswa berprestasi (Mawapres) FSM tahun 2016. Materi kali ini diisi dengan sharing-sharing pengalaman, tips dan trik agar bisa lolos ke PIMNAS. Setelah itu acara ditutup dengan foto bersama pembicara, panitia serta peserta workshop PKM 2017. Harapannya setelah acara workshop PKM ini, untuk target dari departemen Kimia saat ini, setidaknya ada 25 kelompok  yang mengirimkan proposal PKM serta bisa lolos pendanaan dikti.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *